Serahkan Bankeu Parpol, Bupati BU Minta Akuntabilitas Laporan

0
207

Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melaksanakan penandatanganan berita acara serah terima bantuan keuangan kepada 12 Partai Politik (Parpol) di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Kamis (25/5/2023).

Acara ini bertujuan untuk memastikan dana bantuan keuangan pemerintah daerah tepat sasaran dan terdistribusi dengan baik kepada parpol yang memenuhi syarat yakni PKB, Gerindra, PDI P, Golkar, Nasdem, Berkarya, PKS, Perindo, PPP, PAN, Hanura dan PKP.

Kegiatan penandatanganan berita acara serah terima dihadiri Bupati Bengkulu Utara Ir H. Mian dan perwakilan dari masing-masing parpol yang menerima bantuan, Jajaran Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Jajaran OPD dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkulu Utara Ir. H  Mian menyampaikan pentingnya pemberian bantuan keuangan kepada parpol sebagai bentuk dukungan terhadap peran parpol dalam mewujudkan demokrasi yang berkualitas.

” Tadi sudah kita sampaikan ini adalah bagian dari rutinitas kita, sesuai dengan regulasi dan aturan penyerahan bantuan kepada partai politik dan alhamdulillah tahun ini mengalami peningkatan dari 6000 sekian menjadi 10.000 sesuai dengan data yang didapat,”ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati BU mengatakan pada kesempatan ini kita bisa mengumpulkan semua pimpinan partai politik untuk daerah Kabupaten Bengkulu Utara dan memberikan pencerahan bahwa kita berharap pesta demokrasi yang sekarang tahapanya sudah berjalan pada tahapan pendaftaran dan sampai nanti endingnya paripurnanya.

“InsyaAllah semua di Kabupaten Bengkulu Utara berjalan dengan kondusif dengan baik pilihan oleh beda tetapi tidak menimbulkan suatu hiruk-pikuk yang mengakibatkan stabilitas,”ungkapnya.

Beliau menjelaskan bahwa bantuan keuangan ini diharapkan dapat digunakan dengan baik oleh parpol untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang terkait dengan pembangunan daerah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Berdasarkan data yang diperoleh, total bantuan keuangan yang disalurkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara kepada 12 parpol mencapai angka sebesar Rp 1.601.870.000 miliar. Dana tersebut merupakan bagian dari alokasi anggaran tahun Periode 2019-2024 tahun anggaran 2023 yang telah disepakati dalam perencanaan pembangunan daerah.

Pada saat pnandatanganan berita acara serah terima, masing-masing perwakilan parpol yang hadir secara simbolis menadatangani berita acara serah terima bantuan keuangan dari pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dan disasik oleh unsur Forkopimda.

Para perwakilan parpol tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah atas bantuan yang diberikan serta berkomitmen untuk menggunakan dana tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan pembangunan daerah.

Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian juga menekankan pentingnya akuntabilitas dan pelaporan dalam penggunaan dana bantuan keuangan tersebut nantinya.

“Saya sampaikan pentingnya akuntabilitas pelaporan secara berkala terhadap penggunaan dana oleh masing-masing parpol, Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa dana tersebut benar-benar digunakan sesuai dengan peruntukannya dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.”tutupnya

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here