Ketua Dekranasda Hj. Hartini Syamsul Dapat Apresiasi Pengrajin Anyaman Bambu Desa Seguring Curup Utara Atas Kunjungan dan Kepedulian Dekranasda

0
117

Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Rejang Lebong bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM) Rejang Lebong melakukan kunjungan ke beberapa rumah kerajinan yang ada di Desa Seguring Kecamatan Curup Utara Siang ini Senin (19/06/2023).

Berdasarkan hasil pengamatan Jurnalis MCRL dilapangan, tempat-tempat yang dikunjungi antara lain adalah kerajinan pengrajin anyaman bambu di Desa Seguring Kecamatan Curup Utara milik Akmari, Saleha dan Salpi.

Kunjungan ini merupakan pembinaan rutin oleh Ketua Dekranasda dan Disperindagkop-UKM, kepada para pengrajin yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Pada Jurnalis MCRL, Ketua Dekranasda Rejang Lebong Hj. Hartini Syamsul,S.Sos.,M.Si mengatakan, kunjungan ini sekaligus untuk memastikan kerajinan-kerajinan yang ditampilkan di galeri Dekranasda yang berada di Dekranasda Rejang Lebong.

“Harapannya galeri ini selalu diisi dengan produk-produk terbaru dari pengrajin yang ada di Rejang Lebong. Hari ini kita berkunjung ke beberapa pengrajin untuk memastikan mereka berproduksi secara rutin sehingga bisa terus dimasukkan ke galeri Dekranasda,” ungkap Ibu Nomor Satu di Bumi Pat Petulai ini pada MCRL, Senin (19/6).

Hj. Hartini Syamsul yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Rejang Lebong ini menyampaikan ucapan terimakasihnya atas pendampingan dari OPD Disperindagkop UKM Rejang Lebong yang telah memfasilitasi produksi rumahan ini.

“Atas nama segenap pengurus dan jajaran Dekranasda Rejang Lebong kami ucapkan terimakasih dan apresiasi yang telah membantu dalam memberikan arahan kepada para pengrajin, terutama dalam hal pengrajin anyaman bambu ini. Semoga edukasi dan saran yang telah diberikan bisa benar-benar dilaksanakan oleh pengrajin anyaman bambu ini, karena pada akhirnya itu semua untuk meningkatkan kualitas dari produk yang mereka hasilkan,” ujar Ketua Dekranasda dengan penuh optimis dan semangat motivasinya pada MCRL, Senin (19/6).

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Desa Seguring Yanhusin Damiri mengharapkan agar kerja sama dalam mengembangkan UMKM ini terus berjalan.

“Selanjutnya, harapan dari kami supaya Pemerintah Daerah melalui Disperindagkopukm bisa membantu terutama dalam pemasarannya,” ungkap Kades dengan penuh rasa semangat.

Dilain sisi, Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Rejang Lebong Dra. Hj. Upik Zumratul Aini,M.Si yang didampingi Kabid Perindustrian Asrawarni,S.KM mengungkapkan, selalu berupaya untuk memfasilitasi para pengrajin yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini.

“Kita selalu monitoring kepada pelaku usaha ini dari pengrajin anyaman bambu, batik maupun yang lainnya. Lalu kita terus fasilitasi baik dari sisi perizinan, bantuan bahan baku, pelatihan sampai ke penjualan produk mereka. Kami juga berharap seluruh OPD di Pemkab Rejang Lebong dapat mendukung dengan cara ikut menggunakan produk dari IKM ini,” jelasnya.

Kemudian, salah satu pengrajin anyaman bambu menuturkan, merasa termotivasi usai dikunjungi Ketua Dekranasda Rejang Lebong yang juga Istri Bupati Rejang Lebong (Hj. Hartini Syamsul,S.Sos.,M.Si), pemilik kerajinan anyaman bambu ini ingin tingkatkan inovasi dalam produknya.

“Saya jadi ingin lebih memperbanyak karya lagi dan mengikuti tren yang dibutuhkan pasar, terutama meningkatkan dalam hal pembukuan, dan digital marketing,” jelas wanita paruh baya ini dengan penuh optimis.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here