Mahasiswa Kukerta Unihaz adakan lokakarya dengan tema “zero waste”

0
106

Pemerintah Kelurahan Beringin Raya Kecamatan Muara Bangkahulu menggelar Lokakarya bersama Mahasiswa Kukerta Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH yang berlangsung di Kantor Kelurahan, Rabu (06/06/2023). Kelompok Kukerta merancang program pengelolaan sampah yang akan diterapkan di masyarakat melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta)  pada tahun ini.

Dalam kesempatannya, Lurah Beringin Raya Ibu Lena Hayati, SP , menerangkan bahwa dalam masa jabatannya ini adalah pertama kali menerima mahasiswa yang melakukan Kukerta di kelurahannya, Lokakarya kali ini merupakan suatu pertemuan antar pemerintah kelurahan dan Mahasiswa Kukerta Unihaz untuk meningkatkan kerjasama tim, guna memantau apa saja potensi yang ada di Kelurahan yang bisa mahasiswa Kukerta manfaatkan.

“Kami sangat mendukung dengan apa saja yang dilakukan oleh para mahasiswa di kelurahan, kami berharap kegiatan-kegiatan yang ada memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang program mahasiswa dengan program pemanfaatan sampah dengan tema Nol Limbah.,” Jelasnya Lena Hayani, SP.

 

Menurut DPL Heru Purnawa, S.Sos, M.Si  program ini pentingnya kesadaran mengenali jenis sampah, mengenali dampak positif dan negatif sampah dan memilah sampah untuk dimanfaaatkan serta mengajak warga beringin raya mengkonversi kan sampah menjadi barang bernilai.

“Harapannya tentu menjadikan kelurahan lebih bersih. Jika sampah bisa diolah dengan baik dengan berbagai cara, itu juga bisa menjadi kreatifitas maahsiswa dan bisa bagi pengalamannya masyarakat,” ucapnya.

Dalam kegiatan ini peserta Kukerta memberikan materi tentang manfaat sampah kulit kelapa untuk berbagai macam produk bernilai estetik dan bernilai jual dengan narasumber dari dosen Unihaz Okka Adittio putra, S.E., M.M. dan Eko Wediyanto, S.E., M.M.

Muksin Aviko sebagai ketua kelompok Kukerta Beringin Raya dalam sambuntannya memohon izin kepada pemerintah kelurahan dan masyarakat untuk melakukan kegiatan Kukerta di Kelurahan beringin ray dan memohon bimbingan selama kami melakukan Kukerta dan siap menerima kritik dan saran demi kebaikan bersama.

Terpisah Mahasiswa Kuliah Keja Nyata Kelompok Beringin Raya kecamatan Muara Bangkahulu  Universitas  Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu mengadakan kegiatan Go Green di Pantai Kualo Kota Bengkulu pada Jumat (09/06/2023). Kegiatan yang dilakukan guna mensosialkan kepada para warga sekitar pantai khususnya pengunjung pantai kualo agar tetap menjaga kebersihan, keindahan dan keberlangsungan ekosistem disekitar lingkungan Pantai Kualo.

Peserta Kukerta menyiapkan bibit tanaman mangrove, untuk proses penanamannya. Adapun langkah-langkah penanaman mangrove yang dilakukan peserta Kuliah Kerja Nyata Kukerta yaitu pertama, menggali lubang untuk bibit mangrove yang akan ditanami, kedua memasukan bibit mangrove kedalam lubang yang sudah digali, ketiga masukan kayu untuk menyangga bibit mangrove, keempat tali bibit mangrove dan kayu agar lebih kokoh, yang terakhir yaitu tutup lubang bibit dengan pasir. Dengan adanya penanaman pohon mangrove ini  peserta Kukerta  berharap agar lingkungan pantai bisa aman dari segala bentuk bencana, serta para biota laut juga dapat berkembangbiak dengan baik serta dapat memperindah pemandangan disekitar Pantai Kualo. (JD)

 

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here