Asisten Asli Samin Hadiri Rakor Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan se-Provinsi Bengkulu

0
271

Dalam rangka mensukseskan dan menghadiri forum pertemuan lintas sektoral di forum rapat koordinasi (rakor) mengenai pengendalian kebakaran hutan dan lahan diruang rapat Rafflesia II Kantor Gubernur Provinsi Bengkulu dihadiri oleh Asisten Dr. H. Asli Samin,S.Kep.,M.Kep mewakili Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong berjalan lancar, aman dan sukses.

Pada Jurnalis MCRL Aditya,S.Kom.I, Asisten II membidangi Pembangunan dan Perekonomian Setdakab Rejang Lebong Dr. H. Asli Samin,S.Kep.,M.Kep mewakili Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong menyampaikan, Kabupaten Rejang Lebong memiliki luas wilayah sekitar 151.576 hektar berada pada ketinggian sekitar 700 mdpl, dengan jumlah penduduk sekitar 280 ribu jiwa yang tersebar di 15 Kecamatan dan 156 Desa/Kelurahan dengan wilayah hutan taman nasional seluar 25.816 Ha dan hutan lindung 20.830 Ha.

“Tahun 2019 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong telah menerbitkan surat edaran mengenai antisipasi kebakaran hutan kepada seluruh Kecamatan yang berisi 5 poin penting terdiri dari, 1. Memperkuat sistem deteksi dini atau titik rawat kebakaran hutan dan lahan,
2. Melarang masyarakat membakar hutan dan lahan,
3. Waspada sumber api darimanapun baik dari area hutan atau lahan masyarakat,
4. Sosialisasikan kepada masyarakat tentang tindak pidana pelanggaran merusak hutan dan edukasi dampak kebakaran terhadap kesehatan lingkungan,
5. Apabila terjadi kebakaran segera berkoordinasi kepada Dinas terkait,” demikian disampaikan Asisten Asli Samin pada MCRL, Rabu (26/7).

Hasil pengamatan Jurnalis MCRL dilapangan, forum rakor pengendalian kebakaran hutan dan lahan se-Provinsi Bengkulu ini dibuka langsung secara resmi oleh Gubernur Bengkulu Prof. Dr. drh. H. Rohidin Mersyah,MMA dengan turut serta hadir juga dari Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Ir. Laksmi Wijayanti,M.CP merupakan Pembicara Utama Rakor ini, Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Bengkulu Ir. Hj. Safnizar,MP dan seluruh delegasi Kepala Daerah (Bupati/Wakil Bupati atau Asisten-Asisten dari Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu).

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here