Dinas Ketahanan Pangan dan TP PKK RL Sosialisasi Pengembangan Rumah Pangan B2SA

0
333

Bertempat diruang Aula Kantor Camat Curup Tengah tadi pagi Kamis (31/8/2023) telah dilaksanakan Sosialisasi Rumah Pangan B2SA di Kecamatan Curup Tengah dihadiri langsung Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Hartini Syamsul,S.Sos.,M.Si yang dimotori oleh Dinas Ketahanan Pangan pangan Kabupaten Rejang Lebong.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong menggendong salah satu balita warga Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah saat Sosialisasi Rumah Pangan B2SA.

Dalam laporannya Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong Taman SP.,M.Si menyampaikan, dalam rangka mendukung upaya pemenuhan pangan sebagai komponen dasar untuk mewujudkan SDM (Sumber Daya Manusia) berkualitas konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dengan memanfaatkan pangan lokal, menjadi sangat penting untuk diterapkan dalam pola konsumsi sehari-hari.

“Perlu diketahui bahwa Kabupaten Rejang rejang Lebong kita adalah salah satu dari empat Provinsi di Indonesia yang mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah Pusat dalam penanganan stunting ini,” kata Taman pada MCRL, Kamis (31/8).

Diungkapkan Taman, kegiatan ini sudah banyak dilakukannya yakni hampir sebelas kali dimana hari ini dipusatkan di Kecamatan Curup Tengah dan juga hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak terkhusus Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Rejang Lebong Hj. Hartini Syamsul,S.Sos.,M.Si membuka secara resmi acara B2SA ini.

Hj. Hartini mengatakan, guna meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi makanan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong melalui mensosialisasikan “Rumah Pangan B2SA” yang bertujuan untuk mengedukasi makanan B2SA kepada anak stunting, gizi buruk, gizi kurang, ibu hamil, ibu menyusui serta calon pengantin (catin) dan kesadaran masyarakat akan pemanfaatan pekarangan.

“Beberapa inovasi dengan program inovasi penting yaitu penanganan stunting, dalam hal ini kami Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan (DKP), Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Kabupaten Rejang Lebong untuk membantu anak-anak saat ini agar kebutuhan dasar anak-anak Rejang Lebong kita terpenuhi,” ujar Hartini dengan penuh optimis dan semangatnya.

Ditambahkan Hj.Hartini bahwa, kegiatan ini tentu sangat dirasakan benar manfaatnya oleh Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Rejang Lebong.

“Rumah Pangan B2SA ini akan dikelola oleh Kader PKK Kabupaten Rejang Lebong namun tetap dilakukan sinergisitas antara Kader PKK Kelurahan, TP PKK Kecamatan, TPP PKK Kabupaten, Dinas terkait serta dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten,” tutup Hj. Hartini.

Untuk diketahui publik, hadir Pokja III PKK Provinsi Bengkulu, segenap Pengurus Tim Penggerak PKK Rejang Lebong, Kabid Konsumsi Pertahanan Pangan Provinsi Bengkulu Sri Oktarina, Analis Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu,
Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Rejang Lebong Ermawani Yusran,SE, Camat Curup Utara, Camat Curup Timur dan Camat Curup Tengah.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here