Pasca Hadiri Konreg PDRB-ISE Se-Sumatera 2023, Kominfotik Bengkulu Fokuskan Data Statistik Terintegrasi

0
97

Kepada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu turut hadir dalam Konsultasi Regional Produk Domestik Bruto dan Indikator Sosial Ekonomi (Konreg PDRB-ISE) Wilayah Sumatera tahun 2023.

Kegiatan regional Sumatera pada 9-11 Agustus di Belitung tempo hari menghasilkan beberapa poin yang menjadi fokus Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu.

“Sebagaimana tugas Kominfo yakni bagaimana menyajikan informasi, termasuk menyajikan data statistik yang kemudian bisa menjadi dasar perencanaan pembangunan. Secara spesifik tujuan pembagunan itu bagaimana mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan,” papar Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Oslita, Senin 14 Agustus 2023.

Oslita menerangkan, pertemuan Konreg PDRB-ISE 2023 dihadiri perwakilan Bank Indonesia, Bappeda, Badan Pusat Statistik dan Dinas Kominfo masing-masing daerah. Dari Konreg PDRB tersebut juga menghasilkan poin-poin rekomendasi yang nantinya akan dibahas lebih lanjut pada Rakor Gubernur Se-Sumatera.

“Kita (Kominfo) dituntut berbenah dan juga berupaya mengefektifkan sistem aplikasi satu data provinsi yang terintegrasi dengan aplikasi Konreg PDRB. Lebih penting lagi bagaimana membangun kolaborasi OPD dan Satker penyelenggara,” imbuhnya.

Tak hanya poin-poin rekomendasi, Konreg PDRB juga membentuk forum komunikasi berupa Deseminasi Kajian dan Data secara rutin. Konreg PDRB-ISE 2024 bakal digelar di Jambi kemudian 2025 di Sumatera Utara.

Tahun ini, Konreg PDRB di Belitung mengusung tema Penguatan Koridor Ekonomi Sumatera Menuju Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here