TP – PKK Rejang Lebong Gelar Acara Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerakan PKK Ke 51

0
90

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Rejang Lebong menggelar acara puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 pagi tadi di ruang pola Pemda Rejang Lebong, Selasa (15/8).

Acara peringatan HKG itu, dibuka oleh Bupati Rejang Lebong Drs.H.Syamsul Effendi MM, dan dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bengkulu diwakili oleh Seketaris I Tim PKK Provinsi Bengkulu Mariani, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Rejang Lebong Hj. Hartini Syamsul,S.Sos.,M.Si, Ketua Bidang I PKK Rejang Lebong Indah Tri Wahyuni Hendra, A.Md, Ketua Bidang II PKK Rejang Lebong Lola Vestinora, Ketua Bidang III PKK Rejang Lebong Ermawani Yusran, SE dan seluruh Ketua Pokja dan Anggota PKK Rejang Lebong, Ketua Persit, Ketua Bhayangkari, Organisasi KNPI Rejang Lebong, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rejang Lebong serta para Camat.

Adapun tema yang diangkat yaitu “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tanggung Wujudkan Indonesia Tumbuh”.

Dalam momentun ini, Ketua Bidang I PKK Rejang Lebong menyampaikan hasil laporannya tentang kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK selama tahun 2023.

“Salah satunya mengikuti sosialisasi pelaksanaan 10 Program Pokok PKK dan HKG di Propinsi Bengkulu, melaksanakan SMEP pada 15 Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong, mengikuti angenda kegiatan Hut Kota Curup Ke 143, memberikan bantuan dalam rangka penangulangan anak berpotensi stunting bersama Yayasan Amal Saleh,” papar Indah Tri Wahyuni.

“Kemudian pemberian zakat fitrah ke-15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong dengan bekerjasama dengan Baznas Rejang Lebong, melaksanakan gerakan rumah aman pangan B2SA dengan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Bapanas,” ungkapnya kembali.

Lebih lanjut, Indah Tri Wahyuni mengatakan Tim Penggerak PKK Rejang Lebong telah mengukir banyak prestasi seperti meraih juara favorit mengikuti kegiatan pameran UP2K di Provinsi Bengkulu dan mendapatkan Juara II untuk Program Keluarga Indonesia Tanggap dan Tangguh Bencana, serta Juara II untuk lomba Pola Asuh Anak.

Dilain sisi, Ketua Tim Penggerak PKK Rejang Lebong Hj. Hartini Syamsul mengharapkan rangkaian peringatan semacam ini bukan semata mata kegiatan rutinitas tahunan saja.

“Kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora. Yakni membawa energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya gerakan PKK,” ujarnya.

Tidak lupa, Bunda Hartini berpesan kepada segenap jajaran Tim Penggerak PKK untuk perlu menjaga suasana kebersamaan dan kegotongroyongan, agar agenda kerja pemerintah melalui sejumlah program pembangunnya dapat cepat tercapai.

“Saya juga mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak Tim Penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada masyarakat Kabupaten Rejang Lebong agar tetap selaras dengan program-program Pemerintah,” ujar Bunda Hartini.

“Bergeraklah bersama dengan Bhakti dan karya nyata, serta bekerja tanpa pamrih, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia maju,” tutupnya.

Untuk diketahui bersama, dalam acara tersebut dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong dengan 15 Dinas Instansi Pemerintahan Daerah Kabupaten Rejang Lebong.

Adapun 15 Instansi tersebut diantaranya, Dinas Komunikasi Dan Informatika Rejang Lebong, Dinas Pemberdayaaan Perempuan,Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Rejang Lebong, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Rejang Lebong, Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Rejang Lebong, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan Umkm Rejang Lebong, Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Dinas Ketahanan Pangan Rejang Lebong, Dinas Sosial Rejang Lebong, Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Rejang Lebong, Dinas Pertanian Dan Perikanan Rejang Lebong, Dinas Lingkungan Hidup Rejang Lebong, Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Rejang Lebong, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Rejang Lebong, Dinas Pemadam Kebakaran Rejang Lebong, dan Kantor Kementerian Agama Rejang Lebong.

Dalam kerjasama itu, Bupati Rejang Lebong yang juga sebagai Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Rejang Lebong sangat mendukung terobosan itu.

“Terimakasih kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong yang sudah banyak melakukan MOU dan perjanjian kerjasama dengan OPD terkait sehingga gerakan PKK sebagai mitra strategis pemerintah dapat membantu untuk mewujudkan Rejang Lebong bercahaya untuk semua,” pungkasnya.

 

Kemudian Bupati Rejang Lebong mengatakan, peringatan HKG PKK Ke-51 ini merupakan momentum yang sangat mendasar dan memiliki arti penting terkait implementasi pelaksanaan 10 Program Kerja Pokok PKK.

“Peringatan HKG PKK yang ke-51 tahun ini harus kita jadikan sebagai media untuk evaluasi diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam pelaksanaan program dan kegiatan,”lugasnya.

Dirinya juga berharap,setelah HKG ini adanya peningkatan fungsi kinerja gerakan PKK dengan bakti dan karya nyata dengan bekerja tanpa pamrih sehingga kader PKK dapat menjadi motivasi untuk semua khususnya kaum perempuan didalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Dengan mengucapkan lafazd Bismillahirrahmanirrahim, peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 Tahun 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka,” tutupnya

Usai acara dibuka, langsung diumumkan Pemenang Lomba Dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak (Hkg) Pkk Ke-51 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Rejang Lebong ini.

Adapun yang menjadi Juara umum 1 dari Kecamatan Curup Tengah, Juara Umum II dari Kecamatan Curup, dan Juara III dari Kecamatan Curup Selatan.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here