Bupati Hadiri Undangan BPN RL Terkait Pelaksanaan Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Rejang Lebong

0
257

Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Sertipikasi Redistribusi Tanah Anggaran 2023 di Aula Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rejang Lebong tadi pagi Jum’at (8/9/2023).

 

Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi,MM membuka acara panitia pertimbangan landreform sertifikasi dihadiri juga Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pranoto Majid,SH.,M.Si, Kapolres Rejang Lebong dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait.

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rejang Lebong Tarmidi,S.Sos.,M.AP mengatakan, pelaksanaan reforma agraria yang dilaksanakan hingga tahun 2022 telah terealisasi kegiatan sertifikasi tanah massal sebanyak 8.97 Ha (dari target 9 juta ha).

“Tahun 2023 Kabupaten Rejang Lebong mendapatkan alokasi target sertifikasi retribusi tanah sebanyak 400 bidang dari total target 1.600 bidang se-provinsi Bengkulu. Tol lama terdiri dari Desa Balai buntar 231 bidang, Desa Suka Merindu 53 bidang. Eks transmigrasi terdiri dari Desa Tanjung Beringin 20 bidang, Desa Seguring 46 bidang total 400 bidang

“Data luas objek terdiri dari Desa Balai bundar, Suka Merindu, Seguring, Tanjung Beringin dan Dataran Tapus total luas (m²) 2.868.150,” jelas Kepala BPN RL ini pada MCRL, Jum’at (8/9).

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong Drs. H. Syamsul Effendi,MM menyampaikan, melalui program Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Pemerintah dan jajaran ada sertifikat.

Adapun beberapa kegiatan yang bisa dirasakan oleh masyarakat menurut dikatakan orang Nomor Satu di Bumi Pat Petulai ini prona dan lain sebagainya.

“Kalau ada sertifikat itu adalah status kepemilikan tanah. Itu lebih kuat dan kalaupun yang tadi terjadi dalam perpindahan tangan nilainya juga jauh berbeda. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat kita laksanakan dengan baik lebih, semoga masyarakat kita baik yang akan menerima ataupun belum menerima saya yakin setiap tahunnya usulannya masuk bertambah. Saya yakin baik kita maupun masyarakat tentu berharap banyak tentang keberadaan seperti ini untuk mendapatkan hak pemanfaatan ataupun pengakuan, mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan sesuai dengan harapan,” ungkap Bupati dengan penuh optimis.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here