Grand Final Pemilihan Duta Genre Kab. Rejang Lebong Tahun 2023, Lahirkan Generasi Berencana dan Bercahaya

0
288

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Rejang Lebong bersama Forum Generasi Berencana (GenRe) Povinsi Bengkulu menggelar acara Grand Final Pemilihan Duta Genre Tahun 2023.

Pemilihan Duta Genre dilaksanakan di Aula Wisma Kaba Curup, Minggu (24/09/2023) dengan tema “Anak-Anak Bangka Tengah yang Berprestasi, Berkarya, Sehat, Cerdas, Ceria dan Bercahaya”.

Dalam sambutannya, kepala DP3APPKB Kabupaten Rejang Lebong Sutan Alim SH mengatakan bahwa, grand final pemilihan Duta Genre Kab. Rejang Lebong Tahun 2023 ini diikuti oleh 26 peserta, yang bertujuan agar kalangan remaja memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

“Sehingga Duta Genre yang terpilih nantinya mampu menjadi contoh dan figur teladan bagi remaja lainnya terutama dalam membangun kesiapan berkeluarga,” ujarnya.

“Grand Final Pemilihan Duta Genre yang merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa dengan mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pranikah, dan NAPZA.

Karena remaja memegang peranan penting sebagai agen untuk memberikan akses informasi melalui cerminan sikap positif di berbagai aspek kehidupan, sehingga remaja merupakan faktor penentu kesuksesan bangsa di masa yang akan datang,” tambah sutan.

Menanggapi kegiatan ini, ketua Tim Penggerak PKK Kab. Rejang Lebong Ny. Hj. Hartini Syamsul Effendi, dan dalam hal ini sebagai Bunda Genre Kab. Rejang Lebong menutup secara resmi kegiatan pemilihan duta Genere Kabupaten Rejang tahun 2023 .

Hartini berharap adanya wadah dan ruang kreativitas bagi remaja agar mereka lebih aktif dan kreatif dan semua harus tetap semangat belajar berkarya, berprestasi serta berinovasi sehingga mampu bersaing untuk meraih kesuksesan.

Ia juga berpesan kepada peserta ajang kreativitas remaja ini agar menjauhi segala tindakan atau perilaku yang bisa mengakibatkan rusak mental, jauhi narkoba dan tidak anarkis.

“Pemilihan Duta Genre tidak hanya berhenti sebatas ajang kompetisi atau seleksi saja. Harus ada aktualisasi di kehidupan nyata, lingkungan remaja dan memberi warna perubahan ke arah yang lebih baik,” tutupnya.

Berikut nama-nama pemenang Duta Genre Tingkat Kabupaten Rejang Lebong tahun 2023 ; Juara satu tingkat putri diraih oleh Chelsia Gusti Olivia, juara dua Revogus Beli Aulia dan juara tiga Arasy Esa Pendana.

Sedangkan Juara satu tingkat putra diraih oleh M.Raply Armansyah, juara dua Nardian Alfino dan juara tiga M. Habib Muktarillah.

Kemudian juara vaforit jatuh kepada Whidad Nurlaily kategori Inovator Zaskia Sasi Rahmawati dan kategori Inspirator diraih oleh Datriana Lopin.

Hadir dalam kesempatan ini PLt Kepala Perwakilan BKKBN provinsi Bengkulu , Ketua Pokja Genere provinsi Bengkulu bersama Tim seluruh Kabid dan Sub Koordinator Dinas P3APPKB Kabupaten Rejang Lebong dan seluruh Sponsor kegiatan pemilihan duta Genere Kabupaten Rejang tahun 2023.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here