HKN 2023 Dinkes-YJI Gelar Lomba Senam

0
408

Untuk memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 Tahun 2023, Dinas Kesehatan (Dinkes) Rejang Lebong bersama Yayasan Jantung Sehat Indonesia (YJI) Cabang Rejang Lebong akan menggelar lomba senam jantung sehat.

‘’Hari ini, kita membentuk panitia pelaksana lomba senam untuk tingkat kabupaten. Lomba ini akan diselenggarakan 6-7 November 2023. Sedangkan untuk seleksi di 15 kecamatan akan dilaksanakan sebelum 4 November 2023. Sebab, tanggal 4 November itu seluruh peserta sudah harus masuk ke panitia kabupaten,’’ jelas Ketua Yayasan Jantung Sehat Rejang Lebong, Ny. Hj. Hartini Syamsul Effendi, S.Sos, MSi usai rapat pembentukan panitia pelaksana lomba, Selasa, (17/10).

Rapat dihadiri Ass.III Setdakab Rejang Lebong, Drs.Sumardi, MSi, Kadis Kesehatan, Revi Meido Satria, SKM. Serta sederet pejabat jajaran Dinkes.

Dalam rapat itu disepakati, Al Hisyam sebagai ketua panitia lomba. Wakil Ketua, Nunung Trimulyani, Sekretaris, Sriyani. Serta Tati Sumira sebagai bendahara. Ditambah, Lisa Fitriyanti sebagai koordinator acara bersama beberapa panitia lainnya.

‘’Untuk lomba di 15 kecamatan kita serahkan sepenuhnya kepada pihak kecamatan. Juara I, 2 dan 3 yang boleh ikut lomba di kabupaten. Kita berharap dewan juri dapat bekerja proporsional dan professional serta tidak memihak,’’ ujar Hartini.

Sementara Kadis Kesehatan, Revi Meido Satria menjelaskan HKN ke-59 mengangkat tema ‘’Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju’’. Puncak HKN dilaksanakan, 12 November 2023. Sedangkan rangkaian kegiatan HKN sudah mulai dilaksanakan. Misalnya, aksi bergizi yang dilaksanakan SMAN 3 Taba Renah, SMK 3 Curtim dan SMAN 8 Selupu Rejang.

‘’Acara lainnya, adalah jamboree kader Kesehatan berjumlah 300 orang. Serta lounching Universal Healthy Capran (UHC) yang akan melayani 275.685 peserta atau 97,6 persen dari jumlah penduduk 282.461 orang. UHC merupakan hadiah dari Pak Bupati dalam HKN 2023. Sehingga, masyarakat kurang mampu dapat berobat gratis dengan layanan UHC. Tapi khusus ruang rawat inap kelas III,’’ tutur Revi.

Jadi, lanjut Revi, untuk mendapatkan layanan Kesehatan gratis ini, masyarakat dapat mendaftar dengan membawa KTP, KK serta surat keterangan tidak mampu.

‘’Pendaftaran UHC ini kita buka di Dinas Kesehatan pada jam kerja setelah tanggal 12 November 2023,’’ demikian Revi Meido Satria.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here