Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, Momentum Bangkitkan Semangat Kolaborasi Memajukan Negeri

0
341

Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 di Provinsi Bengkulu, yang dipusatkan di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Bengkulu, Sabtu (28/10).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Isnan Fajri, yang dihadiri unsur Forkompinda Provinsi, para pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu serta diikuti perwakilan ASN di setiap OPD dan seluruh pelajar SLTA/SMK di Kota Bengkulu.

Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini, dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Isnan Fajri, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengatakan bahwa, setiap tanggal 28 Oktober, masyarakat Indonesia merayakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Momentum tersebut mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda tahun 1928 yang lalu.

“Yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu, Bertumpah Darah Satu Tanah Air Indonesia, Berbangsa Satu Bangsa Indonesia dan Menjunjung Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia,” sebut Sekda Isnan Fajri menyampaikan sambutan Menpora RI.

Menpora Ario Bimo berharap para pemuda Indonesia harus mampu menghadapi situasi perkembangan teknologi terkini dan arus informasi yang semakin cepat yang membuat kesenjangan penguasaan terhadap teknologi dan informasi antar generasi.

“Penguasaan oleh pemuda terhadap teknologi dan informasi serta literasi digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi,” sebutnya.

Oleh sebab itu, setiap pemuda perlu memiliki visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari dengan lebih cepat.

“Dan strategi paling ampuh adalah dengan tolong menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor,” sampainya.

Menpora Ario Bimo meminta, momen Hari Sumpah Pemuda ini dapat dijadikan tonggak untuk kebulatan tekad semua elemen pada tataran kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, organisasi kepemudaan serta elemen masyarakat lainnya.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” demikian kata Sekda Isnan Fajri mengakhiri sambutan Menpora RI.

Pada kesempatan itu, usai Upacara Hari Sumpah Pemuda, Sekda Provinsi Bengkulu Isnan Fajri beserta unsur Forkompinda Provinsi menyerahkan piagam penghargaan kepada pelajar SLTA/SMK yang berprestasi baik di kancah nasional maupun internasional.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here