TNI Bangun Instalasi Air Bersih Desa Lawang Agung

0
303

Untuk membantu mengatasi kesulitan pengadaan air bersih warga Desa Lawang Agung Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Kodim 0409 Rejang Lebong melalui program TNI Manunggal Air Bersih 2023 telah membangun instalasi air bersih di wilayah itu.

Program ini disambu baik masyarakat yang selama ini kesulitan air bersih untuk memenuhi kebutuhan harian.

‘’Instalasi air bersih yang dibangun itu berasal dari Sungai Tak Tung Desa Lawang Agung. Air sungai kita terjunkan ke bawah jurang, lalu dipompa naik ke atasdan ditampung di terminal yang jaraknya sekitar 1 KM dari sumber air. Nah dari terminal penampungan air itu, air berih dapat disalurkan ke rumah rumah penduduk.

Tpi, instalasi yang kita bangun hanya sebatas terminalnya saja. Sedang instalasi ke rumah rumah warga bisa dibangun melalui dana desa. Total pengguna instalasi ini tercatat 36 KK dari desa iitu,’’ jelas Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Inf Mochammad Renaldy Herbowo, S,Sos kepada Media Center Rejang Lebong, Senin, (23/10).

Kini, lanjut Dandim, progress pembangunan sarana air bersih itu sudah mencapai 50 persen lebih. ‘’Kita sudah meninjau langsung lokasi pembangunan instalasi ar bersih itu. Instalasi air bersih ini diharapkan dapat membantu kesulitan warga desa yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih.

‘’Pembangunan instalasi air bersih ini didukung tim ahli dari Mabes TNI Angkatan Darat. Instalasi ii tidak menggunakan tenaga listrik atau BBM. Tapi, menggunakan grativikasi atau tenaga alam,’’ ujar Dandim.

Instansi air bersih di Desa Lawang Agung ini lanjut Dandim, merupakan yang pertama di Rejang Lebong.

‘’Sebelumnya ada 2 titik yang diusulkan. Yakni, di Kecamatan Kota Padang dan Kecamatan SBU. Dari kedua kecamatan tersebut hanya Desa Lawang Agung, SBU yang mempunyai sumber air yang bagus. Serta masyarakatnya siap untuk membatu pelaksnaan TNI Menungal Air Bersih. Dalam waktu dekat pembangunan instalasi ini bisa dirampungkan dan dimanfaatkan masyarakat desa,’’ demikian hy)

“Saat ini kita semua tau bawah sedang mengahadapi musim kemarau, jadi warga yang ada di Dusun 4 dan 5 ini sangat sulit sekali mendapat air bersih untuk di konsumsi, dengan adanya bangunan Menungal Air Bersi, diharapkan bisa membatu masyarakat yang ada di Kecamatan SBU, ke depannya mereka tidak perlu lagi mengambil air yang jaraknya begitu jauh, mudahan bagunan ini cepat selesai warga pun bisa menikmati air bersih yang kita bangun ini,” ujarnya.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here