Bupati Izinkan Gedung SMPN 32 Dipinjam Pakai MTs Nurul Fatah

0
212

Bupati Rejang Lebong, Drs.H. Syamsul Effendi, MM, menyerahkan SK pinjam pakai Gedung MTs Nurul Fatah Desa Simpang Beliti, Binduriang, Senin, (13/11).

SK pinjam pakai asset daerah itu diterima Ketua Yayasan Nurul Falah, Zaini Kamkani. Serta disaksikan, anggota DPR-RI, HM Soleh, SE, Kadis Dikbud, Rezza Pahlevie, SH. Camat Binduriang, Eliyensi, SH. Serta Kepala Kemenag, Lukman S.Ag, MH. Anggota DPRD Rejang Lebng, Hidayatullah dan Yusuf. Plus Kepala Sekolah MTs Nurul Fatah, Yesi Rusadi, Mpd. Termasuk para sekolah SD dan tokoh dan pemuka masyarakat Binduriang.

Usai penyerahan SK itu dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan HM Soleh. Potongan nasi tumpengnya diserahkan kepada Zaini Kamkani.

‘’Hari ini, kita menyerahkan SK pinjam pakai Gedung SMPN 32 ini untuk kelancaran proses belajang mengajar MTs Nurul Fatah. Semoga, sekolah ini bisa terus tumbuh dan berkembang. Serta mampu melahirkan generasi yang cerdas dan berakhlaq mulia,’’ kata Bupati.

Bahkan, bupati juga berniat menghibahkan Gedung eks SMPN 32 di Desa Simpang Beliti itu untuk mendukung kemajuan dunia pendidikan di Binduriang.

‘’Kini baru pinjam pakai, tapi tidak menutup kemungkinan, Gedung ini bisa dihibahkan untuk MTs Nurul Fatah. Ini semua saya serahkan sepenuhkan kepada masyarakat. Selain itu, proses hibah asset daerah ini tentunya memiliki mekanisme dan persyaratan. Silahkan lengkapi seluruh persyaratannya.
Jika disetujui DPRD baru hibahnya bisa kita laksanakan,’’ tukas bupati.

Selain itu, Bupati juga mengimbau MTs Nurul Fatah untuk menyampaikan proposal terkait pemenuhan kebutuhan sekolah. ‘’Silahkan ajukan proposal dan akan saya bantu. Kalau tidak penuh ke atas tentu penuh ke bawah. Yang jelas bantuan itu merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap kemajuan dunia Pendidikan di daerah ini,’’ ujar bupati.

Sementara itu, anggota Komisi VIII DPR-RI, HM. Soleh, SE langsung menghibahkan 10 unit laptop untuk kelancaran belajar mengajar di MTs Nurul Fatah.

‘’Tahun ini juga MTs ini sudah kita usulkan untuk mendapat bantuan meubeler dari Kemenag RI. Mudah mudahan, Bulan Desember nanti bantuan meubelernya sudah bisa direalisasikan. Soalnya, Kemenag merupakan salah satu mitra Komisi VIII,’’ tutur Soleh.

Lebih lanjut Soleh mengajak seluruh pihak untuk sama-sama mendukung tumbuh kembang MTs Nurul Fatah. ‘’Bupati sudah mendukung dengan memberikan pinjam pakai gedung ini untuk digunakan MTs Nurul Fatah. Dan saya dari Komisi VIII akan mendorong Kemenag RI untuk membantu MTs Nurul Fatah ini. Saya berjanji akan membantu sekuat tenaga. Sehingga MTs Nurul Fatah ini bisa menjadi pusat Pendidikan yang membanggakan. Kita juga berharap masyarakat di wilayah Binduriang ini dapat memasukan anak-anaknya di MTs Nurul fatah,’’ kata Soleh.

Sedangkan Kadis Dikbud Rejang Lebong, Rezza Pahlevie, SH menjelaskan, kemajuan dunia Pendidikan ini semata mata bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Tapi, membutuhkan dukungan banyak pihak. Karena kemajuan sekolah itu ditentukan beberapa factor. Mulai dari sekolah, tenaga guru, siswa dan orang tua siswa, pemerintah, masyarakat dan pengusaha.

‘’Jadi jika MTs ini ingin maju, Bu Yesi sebagai kepala sekolah harus mampu menjalin ekosistem Pendidikan dengan masyarakat d wilayah ini. Jika ekosistem ini terbangun dengan masyarakat, maka, masyarakat membantu,’’ papar Rezza.

Sementara itu,Yesi Rusadi, MPd selaku kepala sekolah merasangat bahagia mendapat pinjam pakai gedung eks SMPN 32.

‘’Saya menjadi Kepala Sekolah MTs Nurul fatah ini sejak 2012. Ketika itu MTs masih bergabung dengan MI Nurul Fatah di Kampung Jeruk yang sarananya sangat terbatas. Untuk mendukung kemajuan sekolah saya berusaha mencari solusi. Lalu, saya mencoba mengusulkan pemanfaatan gedung eks SMP 32 yang tidak beroperasi lagi selama 4 tahun lebih ke Dikbud dan BPKAD tahun 2022. Alhamdulillah, usulan saya itu telah dikabulkan Pak Bupati. Gedung ini telah dipinjampakaikan kepada MTs. Perjanjian pinjam pakai asset ini dituangkan dalam perjanjian antara MTs Nurul Fatah,Yayasan Nurul fatah dengan Kadis Dikbud Rezza Pahlevie melalui surat perjanjian No. 800/2018/Set.1/Dikbud Tahun 2023 dan No: 88/MTsNF/YYNF/X Tahun 2023,’’ tukas Yesi.

Prosesi penyerahan SK pinjam pakai asset ini bukan hanya diwarnai pemotongan tumpeng. Tapi, dimeriahkan dengan pentas seni yang ditampilkan para siswa. Mulai dari Tari Persembahan penyambutan bupati, Tari Turak dan Tari Bronang atau Bunang. Termasuk, atraksi penggalang Pramuka MTs Nurul Fatah.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here