Penggunaan sistem Tampa kontrak di tol Bali – Mandara

0
199

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR berkomitmen untuk terus meningkatkan tata kelola sistem layanan jalan tol melalui penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF).

“Pada Desember 2023, kita akan memulai uji coba penggunaan sistem transaksi tanpa kontak atau MLFF di enam ruas jalan tol, dimulai dari Jalan Tol Bali-Mandara. Saya sangat berharap sistem ini semakin meningkatkan pelayanan jalan tol kita melalui digitalisasi transformatif,” kata Menteri Basuki saat membuka Forum Bisnis HunIndoTech 4.0 di Hotel Westin, Jakarta pada Selasa (14/11/2023).

MLFF merupakan hasil kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hungaria dengan tujuan meningkatkan sistem pembayaran tol Indonesia.

Proyek ini diinisiasi pada saat kunjungan Perdana Menteri Hungaria Mr. Victor Orbán ke Indonesia pada tahun 2016.

Sistem MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) di mana transaksi dilakukan melalui aplikasi Cantas di smartphone.

Dengan diimplementasikannya sistem ini, pengendara tidak lagi perlu berhenti saat melakukan pembayaran tol sehingga tidak ada lagi antrean pada gerbang tol.

Dengan demikian waktu tempuh menjadi lebih singkat dan efisien.( Rl)

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here