Ops Lilin Nala Siap Amankan Natal dan Tahun Baru 2024

0
277

Polres Rejang Lebong siap mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. Pengamanan ini dilaksanakan melalui Operasi (Ops) Lilin Nala yang dilaksanakan 22 Desember 2023 – 2 Januari 2024.

Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Natal dan Tahun Baru yang digelar di Polres secara vicon Senin, (18/12).

Rapat yang dipimpin Kapolres, AKBP. Juda Tampubolon dan
dihadiri Bupati yang diwakili Staf Ahli, Ir. Amrul Eby. Serta unsur Forkopimda lain. Dandim dan Kajari. Termasuk beberapa kepala dinas terkait. Dinas PU, Dishub, Dinkes, kemenag, BPBD dan para camat.

Dalam rapat vicon itu, Kapolda, Danrem dan Gubernur menyampaikan arahan, Kapolda diwakili Wakapolda Brigjen.Pol. Agus Salim.

‘’Operasi Lilin Nala ini digelar selama 12 hari, mulai 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. Tujuannya untuk menciptakan rasa aman dalam penyelenggaraan Natal dan Tahun Baru,’’ jelas Wakapolda.

Untuk itu lanjut Wakapolda, diperlukan sinergitas seluruh pihak terkait. Khususnya TNI-Polri dan dinas terkait, seperti Dinas PU, Dishub, BPBD dan Satpol PP. Termasuk Dinkes.

‘’Guna mendukung kelancaran dan keamanan perayaan Natal dan tahun baru kita akan mendirikan pos pelayanan di lokasi lokasi strategis. Potensi kerawanan seperti jalur lintas, objek wisata, pusat-pusat keramaian. Termasuk di titik-titik rawan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor perlu disiagakan mobil ambulance dan alat berat,’’ tuturnya.

Sedangkan Danrem 041 Gamas, Brigjen.TNI. Rachmad Zulkarnaen yang diwakili Kasi Ops, mengaku siap bersinergi dalam menciptakan situasi kondusif dalam perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. ‘’TNI selalu siap mendukung keamanan Natal dan Tahun baru untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat. Jadi TNI siap bersinergi dengan Polda dan pihak terkait lainnya,’’ tuturnya.

Danrem juga meminta agar wilayah rawan bencana dipantau secara cermat. Jika terjadi bencana dapat langsung diantisipasi. Siapkan personel dititik-titik keramaian. Ambil langkah bijak dalam penyelesaian konflik sosial. Serta lakukan pengawasan terhadap kelompok radikal.

Sementara Gubernur diwakili Asisten II Setdaprov, RA.Denny, SH, MSi. Dalam sambutan Gubernur yang disampaikan Denny secara online, gubernur berharap Ops. Lilin Nala dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2024. Soalnya, jumlah kendaraan yang keluar masuk Bengkulu akan meningkat.

‘’Untuk itu, pintu-pintu masuk Bengkulu mulai dari Rejang Lebong, Mukomuko dan Kaur perlu mendapat perhatian. Selain itu, distribusi BBM juga perlu diharapkan dapat berjalan lancar.
Soalnya, distribusi BBM dari Pertamina sudah cukup tapi ketika sampai di lapangan banyak bocor. Diharapkan sinergitas TNI, Polri, BPBD, Dishub dapat terjalin dengan baik,’’ jelasnya.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here