TNI Hijaukan DAS Musi Tabarenah

0
159

Kodim 0409 Rejang Lebong gelar penanaman pohon serentak di bantaran atau daerah aliran sungai (DAS) Musi Desa Tabarenah, Curup Utara. Penanaman 500 bibit pohon produktif itu dilaksanakan pukul 08.30 WIB, Senin, (15/1).

500 bibit pohon produktif yang ditanam itu terdiri dari 200 batang pinang, 100 batang meranti, 100 batang petai dan 100 batang jengkol. Penanaman pohon itu dipimpin Plh. Kasdim 0409 Kapten.Inf. Tony Antonni. Serta diikuti Asisten I Setdakab Pranoto Majid, SH, M.Si, Wakapolres,Kompol Tekad. Serta dihadiri Kadis Dikbud Rezza Pahlevie, SH, MM selaku Ketua Kwarcab Pramuka, Kadis Dispar Budianto, ST, MT, Kepala BPBD Salahuddin, Kadis Pertanian Zulkarnain, MT, Sekdis Ketahanan Pangan Syafril Johan. Camat Curup Utara Budiman dan Camat Curup Tengah Mardiah, SKM, MM. Termasuk, Persit Chandra Kirana KSDA.
Serta para bintara dan perwira TNI jajaran Kodim 0409.

‘’Penanaman pohon ini dilaksanakan serentak dan melibatkan unsur Forkopimda dan dinas instansi terkait di jajaran Kodam II Sriwijaya. Termasuk di Kodim 0409 Rejang Lebong. Saat ini, kita menanam 200 bibit pinang, 100 batang meranti, 100 batang petai dan 100 batang jengkol,’’ jelas Dandim 0409, Letkol. Inf. Reynal diwakili Plh. Kasdim, Kapten,Inf. Tony Antonni.

Dikatakan, penanaman pohon ini merupakan wujud kepedulian TNI dalam menjaga kelestarian lingkungan. Khususnya di wilayah bantaran Sungai Musi.

Jika tidak dihijaukan, maka kondisi bantaran sungai akan tergerus dan berpotensi longsor dan banjir. ‘’Kita berharap tanaman produktif yang ditanam ini dapat dijaga dan dirawat masyarakat. Sehingga, tanaman ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,’’ demikian Tony Antonni.

Sementara Asisten I Setdakab, Pranoto Majid memberikan apresiasi terhadap aksi penghijauan yang digagas Kodim 0409.

‘’Di lokasi tugu perjuangan ini dulu, tentara bersama masyarakat telah bertempur melawan penjajah. Kini, TNI bersama masyarakat dan pemerintah daerah bersama-sama menanam pohon di titik pertempuran ini,’’ kata Pranoto.

Sedangkan Wakapolres, Kompol. Tekad mendukung penuh aksi penghijauan yang dilaksanakan Kodim. ‘’Polres dan TNI selalu bersinergi. Dalam penanaman pohon inipun kita buktikan bahwa sinergitas TNI-Polri di daerah ini tetap terjalin,’’ ujar Tekad.

Kades Tabarenah, Yushendri mengucapkan terimakasih atas penanaman pohon di bantaran Sungai Musi. ‘’Pohon yang ditanam ini akan kita rawat dan kita jaga agar bisa tumbuh dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa dan lingkungan,’’ tukas Kades.

Selain melakuan penanaman 500 pohon serentak, di lokasi kegiatan juga dilaksanakan layanan Kesehatan gratis. Pelayanan Kesehatan ini didukung tim medis Rumkitban dan Puskesmas Tunas Harapan.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here