‘’Haru Biru’’ Bupati dan Pejabat Santuni dan Peluk 160 Anak Yatim

0
413

Isak tangis anak-anak yatim ‘’meledak’’ saat dipeluk Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM dan istri. Serta para pejabat jajaran Pemkab di arena Yatim Fest 2024 dan buka buasa bersama yang digelar di Pendopo Pat Petulai, rumah dinas bupati, pukul 16.30 WIB, Sabtu, (30/3).

Tak hanya anak ‘’langit’’ sebutan untuk anak-anak yatim yang melepaskan tangis saat mendapat pelukan. Namun Ketua TP PKK, Ny Hartini Syamsul, S.Sos, M.Si, Ketua GOW, Ny Indah Tri Wahyuni Hendra, serta Sintara Putri Umaro, S.I.Kom ikut terhanyut dalam suasana yang ‘’mengharu biru’’ itu. Termasuk derai air mata para ibu anak-anak langit itu berurai ketika memeluk erat anaknya.

Yatim Fest Curup 2024 ini digelar Komunitas Pola Pertolongan Allah Learning Centre (PPA-LC) Curup. ‘’PPA-LC ini merupakan organisasi atau lembaga non profit yang bergerak dibidang training, sosial dnan pendidikan Al-Qur’an. Serta fokus dalam pembinaan anak-anak yatim atau anak langit yang tidak diasuh dalam panti asuhan. Tapi, anak-anak langit yang berada di rumah-rumah penduduk,’’ jelas Ketua PPA-LC Curup, Istianti Ida Laksana.

Dikatakan dalam Yatim Fest 2024 ini, diikuti 160 anak langit yang berasal dari Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong. Rinciannya, 139 anak dari Rejang Lebong, 5 anak Kepahiang dan 7 anak lagi dari Lebong.

‘’Selama ini banyak anak langit disekitar kita yang hidup dalam kekurangan dan kesusahan. Sehingga, anak-anak ini sangat membutuhkan uluran kasih para dermawan untuk meringankan beban anak-anak langit yang tak lagi memiliki orang tua,’’ tutur Istianti.

Sebelum memberikan paket bingkisan senilai Rp100 ribu dan uang senilai Rp200 ribu, Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM mengajak seluruh para pejabat untuk menyantuni anak-anak yatim.

‘’Ini wujud kepedulian kita terhadap anak-anak yatim. Karena membantu anak yatim itu merupakan kewajiban kita semua. Jadi mari kita sama-sama membantu dengan ikhlas sesuai dengan kemampuan kita,’’ kata bupati.

Bupati juga menjelaskan dalil mengasihi anak yatim sebagaimana termaktub dalam hadist yang diriwayatkan Bukhari-Muslim. : ‘’Barang siapa mengasihi dan merawat anak yatim dengan penuh kasih sayang maka dia akan bersamaku di surganya Allah,’’.

Selanjutnya, bupati, para pejabat dan anak-anak langit mendengarkan tausiyah singkat yang disampaikan secara komunikatif oleh Angga Saputra dari Yayasan Abul Yatama Bogor sebagai founder Yatim Pilot.

Dengan gaya kocak dan santai Angga mengajarkan anak-anak langit untuk istiqomah menjalankan ibadah dan menjalani hidup penuh semangat. Tiap kali melontarkan pertanyaan dan anak yatim berhasil menjawab dengan benar langsung diberi hadiah cokelat atau uang.

Usai mengajak para hadirin untuk memberikan sumbangan suka rela Angga meminta para anak yatim untuk memeluk ibunya. Sebagian lagi memeluk bupati dan istri. Serta para pejabat jajaran Pemkab. Termasuk, istri Wabup, Indah Tri Wahyuni Hendra, Sintara Putri Umaro dan Pera Haryani.

Suasana Balai Pat Petulai mendadak mengharu biru. Karena suara isak tangis para anak yatim berpadu dengan tangisan para ibu.

Menjelang buka puasa, Bupati memberikan bingkisan dan uang tunai secara simbolik kepada anak langit. Dan PPA-LC Curup juga memberikan cinderamata kepada bupati, Kabag Kesra, Herwin Wijaya Kesuma, M.Pd.I, Ny Indah Tri Wahyuni Hendra, Ny Pera Haryani dan Baznas.

Usai buka puasa, Bupati bersama para pejabat, Kadis Dikbud, Drs. Noprianto, MM, Kadis Perindagkop dan UMKM, Anes Rahman, S.Sos, Staf Ahli Bupati, Ir. Zulkarnain, MT, para camat dan undangan lainnya menunaikan sholat magrib berjemaah. Serta dilanjutkan dengan santap malam bersama.

Share