Hikmah dan Keutamaan Puasa

0
301

Wakil Bupati Rejang Lebong yang di wakili Staf Ahli Pemerintahan, Hukum & Politik Ir. Amrul Eby, M.Si, beserta rombongan hadiri Safari Ramadhan di masjid Nurul Taqwa, Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Curup Utara, Sabtu (16/3) malam.

Amrul Eby menyampaikan bahwa Safari Ramadhan selain sebagai ajang untuk menjalin silaturahmi di bulan suci ramadhan antara pemerintah dan masyarakat, juga dapat dijadikan momen untuk menyerap aspirasi dari masyarakat serta melihat langsung situasi dan kondisi yang ada di desa.

Selanjutnya Ambrul Eby mengajak seluruh masyarakat di desa ini untuk menjalankan ibadah puasa bulan suci ramadhan 1445 Hijriah ini dengan penuh syukur, dan dalam nuansa persaudaraan yang rukun dan damai.

“Semoga ibadah di bulan suci ramadhan ini akan membawa berkah, kebahagiaan, kedamaian, dan kesejahteraan,” ujarnya.

Amrul Eby juga memberikan bantuan kepada masyarakat dan masjid “Insyaallah bantuan yang telah diberikan dapat membantu masyarakat dan juga masjid ini,” harapnya.

Bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yaitu tiga buah lemari dan bingkisan. Serta 5 orang anak yatim piatu dapat bantuan dari Baznas Rejang Lebong yaitu Dimas Andrian, Selvi Dwi Putri, Jesa Fitri yanti, Rendi Apriliando Pratama dan Siti Rukmana.

Selanjutnya 3 buah lemari untuk 3 masjid diserahkan secara simbolis kepada Camat Curup Utara yang mewakili dari dua masjid dan pengurus Masjid Nurul Taqwa yang diterima oleh kades.

Kades Desa Tanjung Beringin, Deri Andrian S.Sos mengatakan bahwa atas nama masyarakat desa mengucapkan selamat datang pada rombongan Safari Ramadhan yang di pimpin oleh Staf Ahli Bupati beserta segenap jajaran, di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Curup Utara.

“Karena dalam kesempatan yang sangat baik ini kita dapat bertatap muka secara langsung dalam rangka kunjungan kerja safari ramadhan 1445 H/ 2024M,” ujarnya.

“Tentunya melalui kegiatan safari ramadhan ini akan menjadi salah satu perekat hubungan antara pemerintah dengan masyarakat dan juga merupakan wadah penyampaian serta perolehan informasi pembangunan baik dari pemerintah kepada masyarakat, maupun dari masyarakat kepada pemerintah,” tutupnya.

Dalam ceramah singkatnya Ustadz Drs. Syafrudin, M.Pdi mengatakn hikmah dan keutamaan puasa Ramadhan di antaranya meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, melatih menahan hawa nafsu, menyehatkan tubuh dan kinerja organ pencernaan.

“Puasa selama 30 hari penuh di bulan Ramadhan sekaligus mengajarkan umat muslim lebih bersyukur setelah merasakan lapar dan kekurangan makan seperti para fakir-miskin,” ujar Ustadz Syafrudin.

“Untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan melakukan ibadah puasa dan berbagai ibadah lainnya di bulan ramadhan, membuat Allah SWT akan mendengarkan segala permohonan dan doa seorang hamba. Allah SWT akan senantiasa mengabulkan semua permohonan hamba yang taat dalam beribadah,” tambahnya.

“Begitu pula dengan ibadah puasa yang diwajibkan kepada setiap hamba yang beriman. Ibadah ini memiliki banyak hikmah, baik yang berhubungan dengan masalah kesehatan jasmani, kesehatan rohani maupun sosial,” tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Baznas,
Ka. Dinkes, Ka. Dinas Ketahanan Pangan, Ka. Dishub, dan Ka. Arda. Serta Ka. DLH, Ka. BPKD, Ka. Dispar, Ka. Disdukcapil,
Camat Curup, dan Camat Curup Utara.

Share