Usai Tarawih Bupati Santuni 5 Dhuafa dan Bantu 3 Masjid

0
233

Usai menunaikan sholat isa’ dan tarawih berjemaah Bersama warga di Masjid Baiturrahman Desa Watas Marga, Curup Selatan, Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM menyantuni 5 warga dhuafa. Serta membantu 3 lemari untuk 3 masjid, Selasa (19/3) malam.

Sholat tarawih ini merupakan kali pertama dilaksanakan bupati dalam safari Ramadhan bersama jajaran pejabat eselon II. Soalnya, bupati baru pulang dari menunaikan ibadah umroh, Senin, (18/3).

Para pejabat yang mendampingi bupati itu diantaranya, Asisten I Setda, Pranoto Majid, SH, M.Si, Staf Ahli Bupati, Syahfawi, S.K.M, M.K.M, Kadis Kesehatan, Rephi Meido Satria, S.K.M, Kadis Perhubungan, Rahman Yuzir, SE, Kadis Ketahanan Pangan, Taman, SP. Serta Kasatpol PP, Ahmad Ripa’I, SP dan Ketua Baznas, Faisal Najamudin, S.Sos.

Sholat isya dan tarawih diimami Ustadz Hemedi Ma’ruf, S.Ag. Usai tarawih, jemaah yang memadati ruang dalam dan teras masjid itu langsung menyimak tausyiah singkat yang disampaikan Ustadz Hemedi Ma’ruf.

‘’Ada 5 keutamaan Bulan Ramadhan. Pertama Ramadhan merupakan bulan yang agung. Barang siapa yang menunaikan ibadah puasa dan ibadah lainnya selama Ramadhan maka jasadnya diharamkan tersentuh api neraka,’’ ungkap Hemedi.

Kedua, lanjut Hemedi, Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Dahaga setelah seharian berpuasa menahan lapar dan haus langsung hilang setelah berbuka dengan beberapa teguk air. Inilah berkah.

Ketiga bulan menahan diri. Yakni menahan diri dari segara bentuk yang membatalkan puasa. Keempat, bulan diturunkannya Al-Qur’an. Makanya setiap malam ke-17 Ramadhan diperingati sebagai nuzulul qur’an. Kelima, bulan berbagi.

‘’Jadi kita harus berbagi rezeki. Jangan pelit. Bagikan rezeki dari Allah kepada yang berhak. Seperti para dhuafa. Sehingga kita bisa kembali fitrah dan berhak merayakan idul fitri. Bagi yang tidak puasa hanya ikut merayakan hari raya saja,’’ tutur Hemedi.

Sebelumnya, Bupati, Syamsul Effendi mengajak seluruh jemaah untuk memaksimalkan aktivitas ibadah selama Ramadhan.

‘’Kita sama-sama berdoa agar kita bisa dipertemukan dengan Bulan Ramadhan tahun berikutnya. Sehingga kita dapat memaksimalkan aktivitas ibadah dan kita
bisa kembali ke fitrah,’’ kata bupati.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Watas Marga dan Rejang Lebong khususnya telah menyukseskan pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilpres.

‘’89 persen dari 280.000 mata pilih telah berpartisipasi memberikan suaranya dalam Pemilu dan Pilpres. Kini wakil rakyat mulai dari DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten sudah terpilih. Begitu juga presiden dan wakil presiden. Untuk sementara yang terpilih adalah Prabowo dan Gibran,’’ ujar bupati.

Selain itu, bupati juga meminta Kades Watas Marga, Jumadi untuk menyampaikan proposal pembangunan jalan tembus dari Watas Marga – Gang Gumarang.

Sementara Kades Watas Marga, Jumadi mengucapkan terimakasih atas dibangunnya jalan H. Agus Salim yang membelah Desa Watas Marga.
‘’Kami berterimakasih kepada Pak bupati yang telah membangun Jl H. Agus Salim dengan dana APBD Perubahan 2023,’’ tutur Kades.

Selanjutnya bupati menyantuni 5 warga dhuafa dari Desa Watas Marga. Mereka adalah, Zainul, Nurma Murni Boca, Yunengsih, Maryono dan Selamet. Dana santunan itu berasal dari Baznas.

Serta membagikan 3 lemari untuk 3 masjid. Yakni, Masjid At Taqwa Desa Rimbo Recap, Masjid Baiturrahman Desa Watas Marga, dan Masjid Nurul Jihad Kelurahan Tempelrejo.

Share