Diantar Pendukung ‘’Incumbent’’ Ambil Formulir Cakada PAN

0
373

Diantar keluarga dan massa pendukung, Incumbent Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM mengambil formulir pendaftaran calon kepala daerah (Cakada) di Balai PAN Rejang Lebong, pukul 10.10 WIB, Senin, (15/4).

Diantara para pendukung yang mengantar Syamsul itu adalah, Drs. H. Tarmizi Usuludin, Maulana, SH,  Drs. Suwardi Latief. Serta Sintara Putri Umaro, S.Ikom. Serta puluhan massa pendukung lainnya.

Setibanya di Balai PAN, Syamsul Effendi dan pendukung diterima tim 5 penjaringan Balon Cakada yang dipimpin Juliansyah dan M. Daditama selaku sekretaris. Plus 3 anggota. Yakni, Irwanto, SE,  JE Ahmad Rafif Gali dan Ari Kusuma.

‘’Pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran Cakada PAN ini merupakan salah satu syarat kandidat untuk ikut dalam Pilkada. Dan kita tim 5 siap menerima siapapun yang akan mengambil formulir pendaftaran kandidat bupati dan Wabup yang akan diusung PAN. Dan hari ini, Senin, (15/4), merupakan hari terakhir pengambilan formulir Cakada PAN.  Pengambilan formulir ini akan kita tutup pukul pukul 23.59 WIB,’’ jelas Juliansyah.

Sementara M.Daditama selaku sekretaris tim 5 PAN menyampaikan tahapan proses penjaring Cakada PAN.

‘’Pengambilan formulir Cakada PAN ini kita laksanakan, 15 Maret – 15 April 2024. Sedangkan pengembalian formulir pendaftaran yang telah diisi kandidat dilaksanakan 15 April – 20 April 2024. Selanjutnya kita akan melakukan pleno pemeriksaan persyaratan Cakada, 20 – 28 Mei 2024. Tangga 1 Juni 2024 kita akan melaksanakan pleno penetapan pasangan–pasangan kandidat yang akan kita sampaikan ke DPW dan DPP PAN. Selanjutnya 1 Agustus 2024, DPP PAN akan menetapkan 1 pasangan kandidat yang akan didaftarkan ke KPU,’’ terang Daditama.

Sedangkan Syamsul Effendi menjelaskan, pengambilan formulir Cakada PAN sengaja tidak diwakilkan. Tapi, diambil langsung Syamsul Effendi.

‘’Saya datang langsung ke Balai PAN ini merupakan wujud keseriusan saya untuk menjadi Cakada yang akan diusung PAN. Alhamdulillah, saya telah diizinkan untuk mengambil formulir PAN ini. Dan saya akan segera mengisi persyaratan yang ditetapkan PAN. Termasuk menyusun misi-visi pembangunan Rejang Lebong untuk 5 tahun kedepan. Harapan saya PAN dapat mengusung saya. Sebab, tahun 2014 lalu, saya juga diusung PAN dalam Pilkada Rejang Lebong. Tapi saat itu saya belum berhasil terpilih,’’ kata Syamsul.

Selain itu, Syamsul juga menyatakan akan melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai politik lain. Tujuannya untuk mencukupi kuota pengusungan pasangan kandidat. ‘’Saat ini PAN memiliki 5 kursi di DPRD. Sedangkan kuota pengusungan kandidat adalah 6 kursi. Makanya, saya akan berupaya melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai lain,’’ tutur Syamsul.

Setelah menjalani proses dan mekanisme pendaftaran Cakada PAN, Syamsul tetap menghormati keputusan PAN terkait penetapan pasangan kandidat yang akan diusung PAN.

Hingga pukul 13.00 WIB, Senin, (15/4) sudah tercatat 8 kandidat yang mengambil formulir Cakada PAN. Mereka adalah, Hendra Wahyudiansyah, SH yang kini masih menjabat Wabup Rejang Lebong, Untung Basuki (PKS), Edi Sujatmiko (Polri), Wahono (Golkar), dan M. Yusuf, SE. Ditambah, Syamsul Effendi, yang masih menjabat bupati, Heri Purwanto (Perindo) dan Dr.Ir. Rohman, MH.

Share