Pemprov Bengkulu Akan Fasilitasi Bakamla RI Bangun Pangkalan di Bengkulu

0
399

Sekretaris Daerah (Sekda) Isnan Fajir, hadir Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-42 Universitas Bengkulu dan Orasi Ilmiah oleh Kepala Badan Keamanan Laut RI (BAKAMLA) Laksamana Madya TNI DR. Irvansyah, S.H.,M.TR. OPSLA, di gedung GSG Universitas Bengkulu, Rabu (24/04/2024).

Dikatakan Isnan, terkait usulan Bakamla RI yang akan membangun pangkalan Bakamla RI di Bengkulu direspon baik oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu dan didukung penuh terkait usulan tersebut.

“Pada dasarnya kita Pemprov akan support apapun itu, siapapun itu apa lagi institusi dari pusat dan kita tunggu kelanjutannya yang akan membangun perkantoran di Bengkulu, Bakamla RI,” kata Isnan.

Dilanjutkan Isnan, usulan tersebut baru disampaikan secara lisan saja dan belum ada MoU secara tertulis antara Bakamla RI dan Pemprov Bengkulu. Salain itu juga, pemerintah provinsi Bengkulu akan mensiapkan lahan jika Bakamla RI akan membangun pangkalan maupun perkantoran di Bengkulu.

“Sejauh ini belum ada surat resmi dan baru disampaikan secara lisan saja, akan tetapi ini bukan berarti kabar burung saja. Nanti dalam waktu dekat kita akan mencoba menindak lanjuti atas usulan tersebut, untuk lahan kita akan siapkan di sekitaran Pulau Baai dan kita akan koordinasi dengan pihak Pelindo agar lahan tidur tersebut dapat dimanfaatkan,” tutup Isnan.

Sementara itu, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Madya TNI DR. Irvansyah, S.H.,M.TR. OPSLA, menuturkan, dengan adanya pangkalan Bakamla RI di Bengkulu dapat menjaga keamanan laut Bengkulu dan membuka peluang bagi anak-anak Bengkulu bila ingin bergabung dengan Bakamla.

“Tentunya kami (Bakamla) RI sangat mengharapkan agar dapat membangun pangkalan Bakamla RI di Bengkulu, terlebih posisi laut Bengkulu sangat strategis,” harap Irvansyah.

“Tadi kita juga sudah sampaikan kepada pihak Pemprov Bengkulu dan alhamdulillah mendapatkan respon positif. Dalam waktu dekat kita akan bersurat secara resmi dan juga akan ada MoU nantinya,” tutup putra kelahiran Bengkulu tersebut.

Share