Pemprov Bengkulu Tindak Lanjut Edaran Kemendagri Terkait Idulfitri 1445 H

0
446

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Isnan Fajri memimpin rapat terkait tindak lanjut imbauan Kemendagri jelang Hari Raya Idulfitri 1445 H di ruang rapat Rafflesia Kantor Gubernur, Jum’at (5/04/2024).

Imbauan tersebut berisi tentang peningkatan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat dalam menghadapi Idulfitri 1445 H.

Untuk itu, harus saling terkoordinasi dengan Forkopimda dan memetakan wilayah yang rawan dari gangguan ketertiban umum dan rawan bencana.

“Tadi kita lihat ada beberapa poin dalam edaran Kemendagri tersebut dan akan kita tindak lanjuti, salah satunya melakukan antisipasi dan pengendalian inflasi dengan aksi melakukan pasar murah, pemberian bantuan sosial dan pengecekan kecukupan supply pangan,” kata Isnan Fajri.

Lanjut Isnan, dalam perayaan Idulfitri pihak Pemprov Bengkulu sudah berkoordinasi dengan OPD terkait dalam mengatasi situasi yang tidak diinginkan.

“Tadi Dinsos dan Disperindag sudah kita tanyakan dan ketersediaan pangan jelang lebaran tahun ini insyaAllah aman, Dinsos juga sudah menyalurkan bantuan baik itu PKH dan sebagainya,” jelas Isnan.

Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu Foritha Ramadhani Wati menyebutkan, pihaknya selalu melakukan pengawasan dan juga melakukan pengecekan di tingkat distributor atau agen terkait harga beras, minyak goreng, gula pasir, dan komoditi lainnya.

“Stok sembako tidak ada masalah dan masih mencukupi kebutuhan masyarakat, asalkan hingga menjelang Idulfitri. Kita juga melakukan pengawasan dan pemantauan juga sebagai upaya mencegah spekulan yang sengaja ingin mencari untung jelang Idulfitri 1445 H,” pungkas Foritha.

Share