Meriahkan HUT Kota Curup Ke 144, Sanggar Patriot Curup Gelar Pentas Seni

0
125

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Curup ke-144 Tahun 2024, Sanggar Patriot Curup menggelar pentas seni yang dilaksanakan di Panggung Utama HUT Kota Curup, Minggu, (12/5) malam.

Pembukaan pentas seni ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Drs. Novrianto, MM didampingi oleh ketua sanggar Patriot Curup, Manca Wasin.

Dalam sambutannya ketua sanggar Patriot Curup, Manca Wasin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong yang telah memberikan kesempatan Sanggar Patriot Curup untuk tampil dalam memeriahkan HUT Kota Curup ke-144.

“Ajang pentas seni ini merupakan salah satu tempat untuk digunakan dalam melestarikan budaya daerah,” ujarnya Manca.

Berbagai kesenian daerah yang ditampilkan dalam pentas seni ini, seperti penampilan atraksi musik dol, berbagai jenis tarian daerah, membaca puisi dan mendongeng serta penampilan drama ‘Asen Panes Be Asen Buye’.

“Drama ‘Asen Panes Be Asen Buye’ merupakan salah satu drama pertunjukan masyarakat. Drama ini juga mengedepankan kearifan lokal” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Rejang Lebong, Drs. Novrianto, MM mengapresiasi yang setingginya kepada Sanggar Patriot Curup yang telah berpartisipasi dalam memeriahkan HUT Kota Curup ini.

“Atas nama pemerintah kabupaten kami menyampaikan ucapan terimakasih dan mengapresiasi kepada Sanggar Patriot atas terselenggaranya pentas seni ini,” ujar Novrianto.

Pentas seni yang ditampilkan oleh Sanggar Patriot Curup ini merupakan kolaborasi dari berbagai kesenian yang dijalin ke sebuah cerita.

“Pentas seni yang ditampilkan oleh Sanggar Patriot ini merupakan kolaborasi dari berbagai jenis kesenian seperti, tarian tradisional, membaca pusi, mendongeng dan drama semuanya ditampilkan di dalam satu pentas ini,” jelas Novrianto.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat, mendapatkan nilai-nilai positif dalam alur ceritanya dan para pengunjung dapat menikmati pertunjukannya,” tutup Novrianto.

Share