TP PKK Rejang Lebong Gelar Lomba Balita Sehat, Diikuti 42 Peserta

0
197

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Rejang Lebong Sabtu, (25/5) pagi menggelar kegiatan lomba Balita Sehat tingkat Kabupaten Rejang Lebong.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati pagi itu diikuti oleh 42 balita dari 21 puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Lomba tersebut secara resmi dibuka oleh Ketua TP-PKK Kab. Rejang Lebong, Ny. Hartini Syamsul serta dihadiri oleh jajaran TP-PKK Rejang Lebong, perwakilan ikatan dokter dan bidan, Kepala Puskesmas dan para peserta beserta orang tua lomba balita sehat.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kab. Rejang Lebong, Ny. Hartini Syamsul mengatakan bahwa lomba balita sehat ini dibagi dalam dua kriteria atau kelompok umur yakni kelompok umur 6 – 23 bulan dan kelompok umur 24 – 59 bulan.

“Lomba ini merupakan salah satu sarana untuk memotivasi ibu agar lebih peka terhadap anaknya sejak dari masa kehamilan hingga berusia balita,” ujar Hartini.

Dalam perlombaan ini lanjut Hartini, setiap anak akan ditimbang berat badan serta dilakukan pengukuran tinggi badan serta lingkar kepala, setelah itu nantinya anak beserta ibu harus menjawab beberapa pertanyaan yang dilontarkan para juri.

“Ada beberapa pertanyaaan yang akan disampaikan oleh dewan juri yaitu, kelengkapan imunisasi dengan dibuktikan buku KIA, pemeriksaan telinga, kuku, gigi pada anak dan indikator kemampuan anak berdasarkan usia, pola makan, kebutuhan ASI yang diberikan ibu pada anaknya dan alat kontrasepsi yang dipakai,” jelasnya.

Ada beberapa kriteria penilaian dalam lomba tersebut yakni, perkembangan gizi, pemeriksaan fisik balita sehat, kesehatan gigi, penilaian perkembangan anak aspek psikologis dan penilaian dari TP-PKK Kab. Rejang Lebong yang meliputi alat kontrasepsi, pemberian asi eksklusif, pemberian MP-Asi, penimbangan diposyandu dan pendidikan ibu.

“Kami tekankan ke pihak dewan juri agar menilai dengan sebaik mungkin agar hasilnya lebih objektif, transparan dan akuntabel. Sehingga pemenang lomba balita sehat ini dapat mewakili Kabupaten Rejang Lebong dalam lomba balita sehat tingkat Provinsi Bengkulu,” pungkasnya.

Share