Ungguli calon lain Khirdes resmi Pimpin KONI Rejang Lebong

0
675

Curup, RPP, Setelah bersaing ketat dalam Musyawarah Olah Raga Kabupaten (Musorkab) Rejang Lebong Khirdes Lapendo Pasju, SSTP, MSi, akhirnya terpilih menjadi Ketua KONI periode 2024-2028. Musorkab digelar di ruang pola pukul 09.00 WIB – 14.30 WIB, Sabtu, (11/5).

Dalam Musorkab itu, Khirdes merebut 13 suara. Sedangkan pesaingnya, Putra Mas Wigoro memperoleh 12 suara.

Perebutan suara berlangsung sangat ketat, karena kedua kandidat sempat sama-sama memperoleh 12 suara. 1 surat suara penentu dipercayakan kepada Sanaludin untuk membukanya.

Hasilnya, 1 suara terakhir itu berhasil mengantarkan Khirdes ke kursi Ketua KONI periode 2024-2028.

Musorkab dibuka Bupati Rejang Lebong, Drs.H. Syamsul Effendi, MM dan dihadiri Wabup, Hendra Wahyudiansyah, SH dan Wakil Ketua KONI Prov Bengkulu, Drs. Sanaludin. Serta diikuti 23 Pengkab cabang olah raga ditambah 2 suara dari KONI Prov dan Ketua KONI Rejang Lebong demisioner. Sehingga total suara sah sebanyak 25 suara.

Semula ada 24 Pengkab. Tapi, ketika akan dilakukan pemungutan suara, 1 Pengkab tidak diperkenankan memberikan suara karena SK pengurusnya kedaluwarsa. Yakni Pengkab Perbakin. Sehingga sesuai tata tertib Musorkab, Pengkab Perbakin hanya dijadikan peninjau.

Ke-23 Pengkab yang berhak memberikan suaranya itu diantaranya, Forki, Akuatik, PASI, PBVSI, POBSI, GAPSI, Taekwondo, IPSI, Percasi, PSSI, PBSI, PTMSI, PSTI, FHI, IMI, Pelti, ISSI, FFI, Pertina, Perpani, PRSI, dan Perbasi.

‘’Kedua kandidat ketua ini, Khirdes dari eksekutif dan Putra Mas dari legislatif merupakan figure yang diharapkan bisa membangun prestasi olah raga kedepan.
Jadi, siapapun yang terpilih akan bisa membangun prestasi para atlet. Akan lebih baik jika keduanya berkolaborasi,’’ kata bupati.

Bupati juga berpesar agar ketua terpilih dapat menyalurkan dana hibah untuk pembinaan cabang cabang olah raga.

Sementara Wakil Ketua KONI Provinsi Bengkulu, Drs. Sanaludin mengungkapkan, KONI Bengkulu tengah menyiapkan 67 atlet dari 26 cabang olah raga yang akan diturunkan di gelanggan PON Aceh Sumut, 27 September 2024 mendatang.

‘’Dari 67 atlet PON yang masih menjalani TC berjalan itu, ada 2 atlet yang berasal dari Rejang Lebong. Yakni, atlet lempar lembing, Egi Putri Pranata dan atlet bola tangan, Putri Intan Permatasari. Kami berharap ketika akan berangkat menuju PON Aceh-Sumut ini dapat dilepas Pak Bupati,’’ ujar Sanaludin.

Sanaludin juga berharap, pengurus KONI Rejang Lebong terpilih nanti dapat memacu prestasi atlet. Tahun lalu, kontingen Rejang Lebong meraih juara II Porprov. ‘’Kedepan, Rejang Lebong dapat menaikan prestasi menjadi juara I. Banyak atlet berbakat dan berprestasi yang berada di wilayah pedesaan. Para atlet inilah yang perlu dibina agar mampu mengukir prestasi puncak,’’ tutur Sanaludin. ( RL )

Share