MenPAN-RB Resmikan MPP Kabupaten Rejang Lebong

0
200

Radarpatpetulai.com – Sebanyak 15 Mal Pelayanan Publik (MPP) diresmikan secara serentak oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas di Jakarta, Senin, (24/6) pagi.

Peresmian MPP secara langsung dihadiri oleh Bupati Rejang Lebong, Drs. H. Syamsul Effendi, MM bersama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Rejang Lebong, Zulkarnain di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

Kelima belas MPP yang diresmikan yakni Kab. Rejang Lebong, Kab. Labuhan Batu Utara, Kab. Tanah Datar, Kab. Kempar, Kab. Muaro Jambi, Kab. Bogor, Serta Kab. Indramayu, Kab. Jombang, Kab. Mojokerto, Kota. Bima, Kab. Timor Tengah Selatan, Kab. Gunung Mas, Kab. Buton, Kab. Kolaka dan Kab. Luwu.

Dalam sambutannya Kemenpan RB, Abdullah Azwar Anas menyampaikan apresiasi kepada Bupati dan Wali Kota yang telah hadir untuk melakukan penandatanganan peresmian Mal Pelayanan Publik dan Mal Pelayanan Publik Digital.

“Sudah saatnya kita memberikan pelayanan publik. Karena pelayanan publik merupakan inti dari pemerintahan ini dan menjadi puncak dari kesibukan birokrasi adalah pelayanan publik,” ujar Menpan RB.

Menpan RB berpesan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota untuk dapat melakukan survei kepada publik melalui lembaga survei. Apakah meningkat kepuasannya ketika ada MPP ini.

“Jadi saya minta kepada Bupati dan Wali Kota untuk melakukan survei kepuasan publik setiap enam bulan sekali,” ujarnya.

“Mudah-mudahan kedepannya status ke-15 Mal Pelayanan Publik yang kita resmikan ini tidak turun menjadi pelayanan terpadu satu pintu . Karena harapan kami kedepan Mal Pelayanan Publik dapat berfungsi dengan baik,” tutupnya.

Sementara itu di Rejang Lebong, Peresmian MPP diikuti oleh Sekertaris Daerah Kab. Rejang Lebong, Yusran Fauzi, ST, Wakil Ketua I DPRD Rejang Lebong, Surya ST dan Anggota, perwakilan Unsur FKPD, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan Camat beserta jajaran melalui Zoom Meeting Di Gedung MPP Kab. Rejang Lebong.

Sekda Kab. Rejang Kebong, Yusran Fauzi menyampaikan ucapan selamat atas diresmikannya Mal Pelayanan Publik Kab. Rejang Lebong. “Mudah-mudahan Mal Pelayanan Publik ini dapat mempermudah kita dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Rejang Lebong,” ujar Sekda.

Sekda juga menyampaikan bahwa MPP lahir sebagai salah satu model intervensi dan terobosan pemerintah dalam menjawab berbagai kebutuhan masyarakat atas pelayanan publik yang lebih modern, efisien, dan profesional.

“Penyelenggaraan Mal pelayanan publik dilakukan dengan menyatukan seluruh jenis pelayanan yang ada di sebuah pemerintah daerah ke dalam satu tempat dan terintegrasi dalam sebuah sistem,” ucapnya.

Dalam mal ini ada 25 gerai pelayanan. Mal ini didukung dinas instansi terkait dijajaran Pemkab, serta instansi vertikal, BUMN dan BUMD. “Alhamdulillah MPP ini sudah kita fungsikan dan ada 25 gerai pelayanan yang kita berikan kepada masyarakat,” ucap Sekda.

Sekda juga menyampaikan bahwa pihaknya telah menganggarkan sarana dan prasarana yang mesti dilengkapi guna mendukung semua proses pelayanan. Didalam gedung ini lanjut Sekda, juga terdapat tiga OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yakni DPM-PTSP, Dinas Sosial dan Dinas Dukcapil Kab. Rejang Lebong.

“Mudah-mudahan dapat mempermudah memberikan Pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Share